SBY: Golkar Sahabat Dekat


Jakarta - Partai Golongan Karya (Golkar) adalah sahabat dekat Partai Demokrat (PD). Partai Demokrat tidak pernah berpikir melecehkan Partai Golkar.

"Yang jelas Partai Demokrat tidak pernah berpikir lecehkan Partai Golkar. Tidak ada niat dan pikiran sama sekali. Partai Golkar sahabat dekat Partai Demokrat. Hubungan big family berjalan baik selama ini," ujar SBY.

Berikut tanya jawab SBY dengan wartawan dalam jumpa pers kepada wartawan di rumahnya di Cikeas, Bogor, Selasa (10/2/2009).

Bapak Presiden, bagimana respons Bapak terkait statement dari kader Demokrat Ahmad Mubarok yang menyatakan jika suara Golkar di bawah 25 persen maka Partai Demokrat akan mencari calon wakil presiden (cawapres) baru untuk mendampingi Bapak dalam Pemilu 2009? Bagaimana pula dengan reaksi Pak JK yang mengatakan agar jangan meremehkan Golkar?

Saya jadi lebih gamblang setelah disampaikan isu hari ini. Sebelum berangkat ada isu tentang kader Demokrat dan JK. Di perjalanan cari tahu, salah kalau reaktif respon begitu saja. Tidak jelas masalahnya. Baik di Cikeas, karena di Cikampek sedang menjalani tugas negara. Saya tidak mau curi waktu di situ memberi statemen dalam kapasitas Partai Demokrat.

Saya sudah tegur langsung Saudara Mubarok yang saya nilai keluarkan statement, andai benar itu yang diangkat media. Statement itu di luar pengetahuan saya dan parpol. Saya terperanjat dengan isu demikian. Saya tidak mau kader Partai Demokrat ceplas ceplos keluarkan statement.

Tidak pernah di luar dugaan Partai Demokrat saat ini bicara pasangan apalagi dalam konteks ukuran perolehan suara partai A. Saya sudah tegur yang bersangkutan dan minta tak diulangi lagi.

Terkait komentar Pak JK, saya belum baca langsung. Tapi saya dapat penjelasannya. Partai Demokrat baru saja menggelar Rapimnas. Di dalam arahan yang saya minta tak dibicarakan adalah, saya minta ketum dan kader tidak membicarakan soal capres-cawapres karena belum saatnya. Saya konsisten dengan pernyataan enam bulan lalu. Kini Partai Demokrat harus fokus ke pemilu.

Jangan juga bicara koalisi, karena belum saatnya. Semua parpol sedang konsentrasi memenangkan pemilu. Meski parpol lain sudah membicarakan, tapi saya minta Partai Demokrat, keluarga saya sendiri, tidak usah dulu membicarakan.

Sikap Partai Demokrat belum saatnya membicarakan koalisi seperti itu. Kami fokus pada yang akan kami lakukan di pemilu nanti. Saya pahami barangkali ada emosi dan rasa tidak enak, maka dalam kapasitas saya sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat saya beri pernyataan resmi.

Yang jelas Partai Demokrat tidak pernah berpikir melecehkan Partai Golkar. Tidak ada niat dan pikiran sama sekali. PG sahabat dekat Partai Demokrat. Hubungan big family berjalan baik selama ini. Kami hormati PG sebagai senior yang tumbuh sejak orba. Kita liat seperti itu, maka tidak mungkin kami sebagai yang lebih mudah bermaksud melecehkan PG.

Partai Demokrat baru berumur 8 tahun. Kami masih terus belajar kembangkan diri. Kami ingin bangun nilai dan karakter yang baik agar Partai Demokrat suatu saat menjadi milik bangsa. Perjalanan kami masih jauh, maka tidak dalam posisi sudah katakan segalanya.

Saya minta semua kader Partai Demokrat cermat mengeluarkan statement. Cermat menjawab pertanyaan pers yang dalam musim begini amat dinamis dan bisa jadi timbulkan isu seperti sekarang ini. Meski Partai Demokrat sering diserang banyak pihak, tetap tenang dan tak usah keluarkan sesuatu yang tak perlu kita keluarkan. Meski situasi panas, tetap terkendali. Jalin persahabatan dengan semua pihak, termasuk Golkar. Pada parpol lain saya mendoakan baik-baik agar mimpi indahnya dalam kehidupan politik.

Apakah hal ini mengganggu hubungan dengan JK sebagai RI2?

Dengan penjelasan ini saya harap hubungan dengan Pak JK tetap baik. Sebagai Presiden-Wapres kami emban amanah sampai akhir masa jabatan ini.

Apakah hal ini mengganggu mengganggu koalisi Partai Demokrat-Golkar?

Koalisi kita pertahankan hingga akhir masa baik. Kerjasama yang terjalin selama ini tetap bisa kita pertahankan. Tidak boleh terjadi satu isu kecil mengganggu struktur kami dan kerja sama kami bagi rakyat.

Apa ini bukan strategi Partai Demokrat?

Harapan saya Wakil Ketua Umum juga hati-hati berikan statement. Sehari sebelum rapimnas saya minta DPP tertib, hati-hati, tidak sembarangan mengeluarkan pernyataan di masa-masa kampanye ini. Saya juga surprise dengan pernyataan di luar Partai Demokrat ini.

Kalau ini disebut strategi bisa saja, bisa arahkan ke sudah diatur secara politik. Tapi di depan Allah saya katakan itu benar. Tidak mungkin saya korbankan Pak Mubarok. Beliau orangnya polos, lurus dan bisa kita mengerti kata-katanya.

Ada sanksi bagi yang bersangkutan?

Saya sudah memberi teguran langsung. Itu sudah sanksi keras bagi kader utama. Tapi saya tidak melihat niat buruk beliau. Bisa kepeleset lidah yang bisa bikin repot kita semua. Saya minta Ketua Umum juga mengambil tanggung jawab dalam masalah ini.

Apa ini wujud perbaikan hubungan dengan Golkar?

Hubungan kami baik. Tidak ada masalah yang fundamental menganggu hubungan kami selama ini. Ada respon dari Pak JK, saya klarifikasi. Andai Pak JK di Tanah Air malam ini mungkin kami bertemu. Sambil berjalan kita selesaikan apa yang menjadi concern Golkar.

No Response to "SBY: Golkar Sahabat Dekat"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes