TRAINING OF TRAINERS 2009


PPS Cilacap, 28 April 2009 – Dalam menunjang keberhasilan Pembangunan Nasional, sektor kelautan dan perikanan sangatlah penting peranannya. Terutama bila ditinjau dari aspekpenyediaan pangan yang bergizi, lapangan kerja, peningkatan taraf hidup masyarakat sertapeningkatan perolehan devisa negara dan pendorong aktivitas bisnis.
Demi meningkatkan pangsa pasar dalam negri maka perbaikan produk perikanan pada unit pengolah skala kecil dan menengah menjadi sangat penting. Pada umumnya sebagian besar unit pengolah ini memiliki keterbatasan dalam akses pasar dan kurang menyentuh target konsumen menengah keatas. Hal tersebut disebabkan karena ciri produk yang masih rendah mutunya, tampilan produk yang kurang menarik serta penerapan sanitasi belum sesuai dengan standar yang diinginkan.
Untuk meningkatkan dan mengembangkan produk hasil perikanan salah satunya dengan mengubah bentuk utuh (primer) kebentuk olahan (sekunder) atau siap saji yang harus diikuti dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) agar dalam penerapannya dapat dilakukan dengan tepat dan benar yang sangat sesuai dengan tujuan pembentukan KUB Unit Bisnis Perikanan Terpadu (UBPT) PPS Cilacap satu diantaranya yaitu dengan meningkatkan ketrampilan SDM angota KUB melalui pelatihan pengolahan ikan.
Dalam mewujudkan hal tersebut salah satu karyawan UBPT (Wahyuningsih) serta Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Cilacap (Puji Rahayu, S.Pi) telah mengikuti pelatihan Training Of Trainers (TOT) Pengembangan Produk Berbasis Ikan Pelagis yang diadakan oleh Direktorat Pengolah Hasil, Direktorat Jenderal P2HP yang berlangsung dari tanggal 21 s/d 24 April 2009 bertempat di Hotel Utami dan Akademi Perikanan Sidoarjo (APS) Jawa Timur dengan 25 peserta dari berbagai lokasi di Indonesia.
Narasumber dan Instruktur TOT berasal dari Direktorat Pengolah Hasil, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur serta dari Akademisi yaitu Akademi Perikanan Sidoarjo dan Universitas Brawijaya Malang dengan kegiatan berupa presentase teori dengan diskusi tanya jawab serta praktek yang meliputi pengolahan produk dari ikan pelagis berupa; abon tongkol, dendeng tongkol, krispi ikan pelagis spring roll dan sebagainya dengan tujuan agar setelah selesai mengikuti TOT tersebut para peserta khususnya dari UBPT PPS Cilacap dapat memahami dan meningkatkan ketrampilan tentang teknologi pengembangan produk nilai tambah dan komoditas ikan pelagis yang dapat diterapkan di UBPT PPS Cilacap khususnya.

No Response to "TRAINING OF TRAINERS 2009"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes