Produksi Ikan di Cilacap


Sebagai Negara Maritim. Indonesia mencanangkan sebagai Negara penghasil ikan terbesar di dunia pada tahun 2015.
Untuk mendukung program tersebut Kabupaten Cilacap telah mentargetkan kenaikan produksi ikan sebesar 31 % per tahun melalui komoditi udang, nila, gurame, ikan mas, lele serta tawes.
Target tersebut di proyeksikan di 17 Kecamatan melalui upaya yang ditempuh di bidang budidaya berupa program intensivikasi peningkatan input penggunaan benih, pakan serta pupuk dan teknologi.
Selain itu di upayakan dengan cara menumbuhkan wira usaha melalui kegiatan APBD, kredit program dan kredit komersial.
Program Kabupaten Cilacap yang lainnya di bidang perikanan tangkap berupa penghapusan retribusi yang memberatkan nelayan dan restrukturisasi kapal sejumlah 50 unit bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta 1000 unit bantuan dari Pemerinyah Pusat pada tahun 2011.
Namun program tersebut, akan mengalami kendala bila tidak di dukung dengan program pemasaran yang baik.
Kementrian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2014 mentargetkan kenaikan gemar makan ikan dari 28 kilogram per kapita pada tahun 2008 menjadi 38,67 kilogram per kapita.
Untuk mendukung program gemar makan ikan, Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan mendapat alokasi anggaran untuk kampanye gemar makan ikan sebesar Rp.20 juta pada tahun 2010 ini.
Konsumsi makan ikan di Kabupaten Cilacap untuk saat ini mencapai 12,67 kilogram per kapita per tahun, sementara untuk tingkat Jawa Tengah mencapai 11,37 sampai 20 kilogram per kapita per tahun. (cs)

No Response to "Produksi Ikan di Cilacap"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes