INVESTASI PERIKANAN CAPAI 60 M

CILACAP-Pengembangan sarana dan fasilitas di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC), ternyata berpengaruh cukup signifikan terhadap laju pertumbuhan investasi sektor perikanan. Hingga tahun ini, total investasi bidang perikanansudah mencapai Rp.60 milyar lebih.

Investasi sebesar itu, ditopang oleh 86 perusahaan yang bergerak disektor perikanan. Sedangkan ekspor beberapa komoditas andalan seperti udang beku, ikan tuna segar dan ikan tuna kaleng mencapai 7.757,59 ton dengan total nilai investasi 27,85 juta USD.

Kepala PPSC Ir.Julius Silaen MS mengatakan, keberadaan PPSC yang berstatus sebagai Pelabuhan Samudera atau Pelabuhan Perikanan tipe A memang cukup strategis. Menurut Silaen, hingga saat ini di Indonesia baru ada 5 Pelabuhan Perikanan tipe A. ”Salah satunya adalah Cilacap”.

Di sela-sela peresmian gedung kantor baru PPSC yang dilakukan oleh Direktur Pelabuhan Perikanan, Ir.Ibrahim Ismail juga diserahkan tali asih kepada anak yatim keluarga nelayan, penyerahan bantuan alat tangkap perikanan kepada nelayan Sentolo Kawat dan Sidakaya serta mesin giling ikan kepada kelompok nelayan Sidakaya. Juga penyerahan surat perjanjian penggunaan tanah industri, penyerahan surat izin kapal serta sepeda motor untuk beberapa karyawan di PPSC.

Menurut Silaen, peluang usaha di areal industri yang ada di PPSC masih terbuka lebar. Lahan industri yang tersedia saat ini mencapai 127.304 m² dengan status Hak Pengelolaan Lahan (HPL).

”Sampai saat ini baru dimanfaatkan 51.669,7 m² atau sekitar 40,58 %. Sewanya juga relatif murah dibanding sewa tanah diluar PPSC”. Sampai saat ini invrstasi yang memaki lahan PPSC baru mencapai 34 pengusaha menengah dan besar serta 52 pengusaha kecil.

Nilai investasi mencapai Rp.60,4 Miliar dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 2000 orang di luar Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 6.740 orang. Untuk memacu investasi berbagai kemudahan ditawarkan pemerintah.

Izin kapal yang semula harus diurus di pusat, sekarang bisa diurus melalui PPSC agar lebih efisien dari segi waktu maupun biaya. Sampai saat ini dari 674 kapal yang memiliki fishing base di PPSC, ada 148 kapal yang menjadi kewenangan pusat dan 26 diantaranya sudah diurus melalui PPSC.

Direktur Pelabuhan Perikanan, Ir Ibrahim Ismail yang mewakili Dirjen Perikanan Tangkap Departemen Kelautan dan Perikanan mengatakan, PPSC memang sudah didesain untuk bisa dimasuki kapal yang lebih besar lagi. Sebab Pelabuhan ini memang dirancang sebagai salah satu penopang sektor perikanan nasional.

Bupati Cilacap, H Probo Yulastoro Ssos MM yang diwakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir H Gunawan MM mengatakan, investasi sektor perikanan mampu menopang percepatan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Cilacap.(Sumber Berita: Harian Umum Radar Banyumas; Senin Pon 12 Nopember 2007-Hal.9).

No Response to "INVESTASI PERIKANAN CAPAI 60 M"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes