PAYANG KERUT DI CILACAP


PPS Cilacap, Desember 2008 –Hujan yang mengguyur Cilacap, tak menyurutkan bagi para nelayan di sekitar PPS Cilacap khususnya untuk tetap menebarkan jaringnya di laut.

Dalam rangka Uji Coba jaring Payang Kerut yang diadakan oleh BBPPI Semarang di Cilacap dengan kapal dan ABK nelayan setempat. PPS Cilacap bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi dipercayakan menjadi pendamping dalam rangka uji coba tersebut, yang berlangsung dari tanggal 01 Desembar 2008 hingga 10 Desember 2008.

Operasi uji coba jaring payang kerut berada disekitar wilayah Srandil, Gombong dan selatan Nusa Kambangan dengan hasil sekitar 100 kg /hari/trip berupa ikan Tongkol, Layur, Siro, Lemuru dsb.Setelah diadakan uji coba tersebut, para nelayan berkesimpulan bahwa jaring payang kerut lebih baik hasilnya dari jaring payang biasa.

Adapun jaring payang sendiri termasuk kategori alat tangkap pukat tarik yang memiliki definisi sbb :Alat penangkap ikan berkantong (cod-end ) tanpa alat pembuka mulut jaring, pengoperasiannya dengan cara melingkari gerombolan (schooling) ikan pelagis atau ikan demersal dan menariknya ke kapal yang sedang berhenti / berlabuh jangkar atau ke darat atau pantai melalui kedua bagian sayap dan tali selambar

No Response to "PAYANG KERUT DI CILACAP"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes