PPSC BANGUN KOLAM SANDAR BARU

CILACAP-Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) saat ini tengah membangun kolam sandar baru. Dengan alokasi dana Rp.4 miliar, proses pembangunanya selama dua tahun. ”Sampai akhir tahun ini sudah terbangun 80 m2. Diperkirakan sekitar bulan September tahun depan,”kata Julius Silaen, Kepala Kantor PPSC.Luas keseluruhan kolam sandar yang dibangun 120 m2. Jika sudah selesai, mampu menampung sekitar 150 buah kapal berbobot mati diatas 30 gross ton.”Setelah selesai diharapkan banyak kapal yang berlabuh disini,’ujarnya.Saat ini, lanjut dia, banyak kapal berbobot mati diatas 30 gross ton yang merapat di pelabuhan diluar PPSC.Ada yang berlabuh di dermaga lain di Cilacap, misalnya Batre, dan ada juga yang merapat di pelabuhan luar Cilacap, contohnya Pelabuhan Ratu (Jabar).

Disayangkan Kenyataan itu disayangkan karena ada potensi pemasukan yang hilang. Padahal sesuai dengan aturan kapal berbobot mati diatas 30 gross ton harus sandar di Pelabuah sekelas PPSC.Salah satu alasan yang menyebabkan kapal-kapal tersebut tidak ke PPSC adalah area”parkir” yang kurang luas.”Untuk itulah tempat berlabuh di PPSC diperluas dengan harapan makin banyak kapal yang masuk,”jelasnya.Ia menambahkan PPSC makin aman dari hempasan ombak besar karena di pintu masuk pelabuhan telah dipasang pemecah ombak. Pemecah ombak tersebut dipasang disebelah kanan dan kiri pintu mauk pelabuhan.panjangnya ratusan meter.

Pihaknya juga telah beberapa kali mengeruk kawasan pintu masuk pelabuhan, sehingga kapal yang masuk tidak akan kandas oleh endapan lumpur atau pasir.”Pengerukan dan pemasangan pemecah ombak sudah selesai. Kini tinggal menyelesaikan pembangunan galangan, ”tandasnya. (Sumber Berita: Harian Umum Suara Merdeka; Sabtu 29 Desember 2007-Hal.C)

No Response to "PPSC BANGUN KOLAM SANDAR BARU"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes