Senam Sehat Askes Bersama Ibu Negara di Monas

Minggu, 15 Februari 2009
Jakarta: Sekitar 15 ribu warga Jakarta dan sekitarnya, hari Minggu (15/2) pagi melakukan senam sehat bersama Ibu Ani Yudhoyono, di Monumen Nasional, Jakarta. Kegiatan yang dinamakan Senam Sehat Askes ini diadakan untuk menyambut HUT Indonesia Sejahtera, sebagai program SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu).
Pada acara ini Ibu Negara juga mencanangkan Program Promotif Preventif PT. Askes (Persero) di seluruh Indonesia, serta Sosialisasi Asuransi Kesehatan bagi masyarakat menuju terwujudnya Jaminan Kesehatan Nasional.

Kata Ibu Negara, saat ini telah terjadi perubahan pola penyakit dari pola penyakit infeksi dengan jangka waktu pengobatan yang pendek, menjadi pola penyakit degeneratif dengan jangka waktu pengobatan yang lama, bahkan seumur hidup. Disamping sebab-sebab yang lain, perubahan pola penyakit ini juga terjadi akibat adanya perubahan pola hidup menjadi kurang sehat, dengan mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan tinggi kadar lemak, berkurangnya aktifitas tubuh tetapi dengan tingkat tekanan mental yang lebih berat.

"Perubahan pola penyakit ini mengakibatkan terjadinya peningkatan biaya pelayanan kesehatan, baik dalam pemeriksaan untuk menegakkan diagnosa, maupun dalam pengobatan penyakitnya dengan jangka waktu pengobatan yang lama. Kemajuan teknologi kedokteran dengan bentuk peralatan canggih akan semakin tepat dalam menegakkan diagnosa dan terapi, tetapi diikuti pula dengan resiko biaya yang lebih mahal," tambahnya.

"Oleh sebab itu saya sangat mendukung upaya PT Askes untuk melaksanakan program promotif dan preventif bagi peserta Askes, antara lain dengan kegiatan Senam Sehat Bersama Askes, pemeriksaan kesehatan atau medical check up, pemeriksaan pap smear, dan vaksinasi hepatitis B bagi perawat di Rumah Sakit. Saya menghimbau agar kegiatan Senam Sehat Bersama Askes yang dilaksanakan di setiap ibukota provinsi dan kabupaten/kota ini dapat diikuti oleh seluruh peserta Askes dan masyarakat umum lainnya," kata Ibu Ani.

Ibu Ani menghimbau agar masyarakat memahami tentang pentingnya Jaminan Kesehatan atau Asuransi Kesehatan sebagai solusi yang tepat dalam mengatasi pembiayaan kesehatan yang semakin lama semakin meningkat. "Kita semua menyadari bahwa kemampuan ekonomi setiap keluarga tidak sama, sehingga kemampuan untuk membiayai pelayanan kesehatan juga tidak sama. Hal ini menyebabkan tidak semua orang mempunyai akses yang sama untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan medisnya," jelasnya.

Dalam Undang-undang nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, telah dinyatakan bahwa Program Jaminan Kesehatan menjadi program prioritas yang harus dilaksanakan secara nasional paling lambat tahun 2009 ini. "Saya sangat mendukung upaya PT Askes untuk melakukan sosialisasi program asuransi kesehatan ini melalui pemerintah daerah dan jajarannya, sehingga saat ini telah berhasil melakukan kerjasama dengan 36 kabupaten/kota untuk memperluas kepesertaan asuransi kesehatan bagi masyarakat umum. Sosialisasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah ini harap ditingkatkan, sehingga tercapai cakupan `Asuransi Kesehatan Semesta` atau Universal Coverage bagi seluruh penduduk Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya Ibu Negara menerima Buku Sehat yang dari Koordinator Indonesia Sehat Amdani Hendarman Supandji, serta Kartu Askes dan Mobil Sehat dari PT. Askes (Persero), yang diserahkan Direktur Utama PT. Askes (Persero), I. Gede Subawa. Usai memberikan sambutan, Ibu Negara beserta sekitar 15 ribu anggota masyarakat melaksanakan senam pagi bersama, dengan gerakan pemanasan dilanjutkan gerakan inti serta diakhiri dengan pendinginan.

Setelah mengikuti senam pagi bersama, Ibu Negara kemudian meninjau display Mobil Sehat sumbangan PT Askes (Persero), Mobil Customer Service PT Askes (Persero) dan Posko Kesehatan. (mit)

http://www.presidenri.go.id/ibunegara/index.php/fokus/2009/02/15/482.html

No Response to "Senam Sehat Askes Bersama Ibu Negara di Monas"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes