Singapura Kecewa Kabut Asap Sumatera Kembali Datang

Singapura - Kebakaran lahan di Sumatera kambuh lagi dan menyebarkan kabut asap hingga ke Singapura. Pemerintah Negeri pulau itu pun kecewa atas kejadian yang terus berulang itu dan mendesak Indonesia untuk menanganinya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Yaacob Ibrahim mengatakan Singapura telah meminta pemerintah Indonesia pada beberapa kesempatan untuk mengambil langkah-langkah ekstra untuk memastikan bahwa kebakaran hutan tidak terulang.

"Ini adalah masalah yang tidak bisa dianggap enteng," katanya sebagaimana dilansir The Straits Times edisi Rabu (20/101/2010). Dia menambahkan, anggota ASEAN telah setuju untuk mengambil langkah-langkah pada pertemuan baru-baru ini tentang isu asap untuk menekankan perlunya kewaspadaan lebih terhadap pemicu kebakaran.

Dr Yaacob menyarankan warganya yang rentan terhadap penyakit pernapasan untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan mereka menyusul memburuknya kabut asap pada hari Selasa. Jika situasi semakin memburuk, pemerintah akan mempertimbangkan menerbitkan saran kesehatan. Tetapi untuk sekarang, Indeks Standar Polutan (PSI) adalah dalam kisaran moderat, yang berarti tidak ada tindakan pencegahan khusus harus diambil.

Citra satelit pada hari Selasa menunjukkan 202 hot spot  di Sumatera, menunjukkan petani Indonesia dan perusahaan-perusahaan perkebunan melakukan pembakaran untuk membersihkan sebagian besar wilayah hutan guna mempersiapkan musim tanam. Angin yang berhembus dari barat-selatan membawa asap ke Singapura akibat pembakaran lahan itu.

Banyak daerah di Malaysia juga diselimuti kabut tebal pada Rabu, dengan kualitas udara di Muar mencapai tingkat tidak sehat berdasarkan Polutan Udara Index (API), paling buruk dibandingkan dengan 51 daerah lain secara nasional.

Penurunan kualitas udara telah dilaporkan selama dua hari terakhir di beberapa tempat seperti di utara Johor, Malaka, Negeri Sembilan dan Selangor, karena kabut asap dari Sumatera.

Sementara di Dumai, Riau, kabut asap pada Rabu kemarin menyebabkan otoritas bandara setempat menutup bandara sementara karena jarak pandang yang tidak memungkinkan untuk penerbangan.

sumber

No Response to "Singapura Kecewa Kabut Asap Sumatera Kembali Datang"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes