Tiga Menit, Peringatan Pertama dan Terakhir


“Dapat terjadi tanpa peringatan dan tanda-tanda. Serangan itu menjadi peringatan pertama dan terakhir”
Djoko Maryono

Kematian mendadak sering kali menimbulkan berbagai pertanyaan di benak kerabat, keluarga, dan temanyang ditinggalkan. Terlebih lagi jika sebelumnya orang tersebut terlihat sehat dan tiba-tiba meninggal dunia disertai keluarnya busa dari mulut dan wajah membiru. Berbagai dugaan melintas, mulai dari stroke, serangan jantung, bahkan keracunan.

“Khusus untuk dugaan keracunan tentunya diperlukan otopsi. Keracunan biasanya disertai keluhan seperti sesak napas yang lama, muntah, ada rasa sakit pada perut. Salah satu racun yang dapat menimbulkan kematian dengan cepat ialah sianida. Tergantung banyaknya racun yang masuk dalam tubuh,” ujar dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, Djoko Maryono, Selasa (27/7). Salah satu penyakit yang sering dituding menjadi penyebab kematian mendadak ialah serangan jantung (infark miokardakut).

“Pada sindroma koroner akut (penyakit jantung koroner), sekitar 25 persen dapat menyebabkan kematian mendadak yang bisa tanpa peringatan. Orang tersebut tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami penyakit itu dan tidak ada tanda-tanda nyeri. Kematian mendadak kerap terjadi akibat fibrilasi ventrikel atau gangguan irama jantung secara mendadak,” ujar Djoko.

Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah di RSUP Dr Sadikin/FK Universitas Padjadjaran, Bandung, A Fauzi Yahya, dalam artikelnya (Kompas, 6 Agustus 2009) yang membahas kematian mendadak pada penyanyi Mbah Surip menyebutkan, pada gangguan irama ganas (ventrikel fibrilasi), irama jantung yang kacau membuat jantung hanya bisa bergetar hingga 300 kali per menit, tetapi tidak mampu berkontraksi.

Dugaan terkuat, kekacauan irama ini disebabkan arus bolak-balik (reentry) pada area jantung dengan inhomogenitas elektrik (arus listrik tidak homogeny) lantara suplai oksigen yang terganggu. Jika tidak segera diatasi, gangguan irama itu mampu menyetop kerja jantung sehingga pasokan darah ke seluruh tubuh, termasuk otak, akan terhenti begitu saja.

Dalam tiga menit

Djoko mengatakan, dalam kasus fibrilasi ventrikel, kematian bisa terjadi hanya dalam waktu tiga menit. “Dapat terjadi tanpa perigatan dan tanda-tanda. Serangan itu menjadi peringatan pertama dan terakhir,” ujarnya.

Penanganan fibrilasi ventrikel ialah dengan defibrilasi menggunakan aliran listrik. Cara lain dengan pijat jantung yang dilakukan oleh tenaga terampil. Secara umum, sindroma koroner akut, menurut Djoko, antara lain disebabkan sumbatan di pembuluh darah koroner. Penyumbatan pembuluh darah koroner lantaran ateroklerosis (perkapuran) yang diawali dengan penimbunan lemak pada lapisan-lapisan pembuluh darah tersebut. Disamping itu, terjadi penyempitan (spasme).

Pembuluh koroner mengalirkan darah ke otot jantung sehingga organ itu memperoleh oksigen dan nutrisi untuk berkontraksi tanpa henti. Penyumbatan itu menghambat aliran oksigen dan nutrisi otot jantung berkurang sehingga terjadilah gangguan keseimbangan yang berujung pada kerusakan otot jantung.

Faktor risiko, antara lain, adanya “bakat”, misalnya orang tua yang berpenyakit jantung, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan merokok. Faktor-faktor tersebut merusak pembuluh darah.

Pencegahan primer terhadap sindroma koroner akut terutama ialah dengan menghindari faktor risiko dengan, antara lain, menjalani hidup sehat, seperti olah raga yang cukup dan teratur, pola makan tepat, dan istirahat cukup. Selain itu, dapat dengan terapi jangka panjang menggunakan antikoagulan (pencegah penggumpalan darah). Obat yang sering kali dipakai, antara lain aspirin dosis rendah dan asparin.

Dia menambahkan, ventrikel fibrilasi dapat dipicu pula oleh kadar magnesium yang rendah dalam darah. “Kecukupan magnesium dapat dijaga dengan mengkonsumsi ikan. Terutama ikan lele dan patin setidaknya tiga kali satu minggu sekitar 100 gram sekali konsumsi,” ujarnya. (INE)

Sumber : Kompas (28/07/10)

No Response to "Tiga Menit, Peringatan Pertama dan Terakhir"

Posting Komentar

Operasional PPS Cilacap

My Photo

My Video's

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes